Bhabinkamtibmas Polsek Tigabinanga Polres Tanah Karo Sosialisasikan Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan Kepada Masyarakat

Bhabinkamtibmas Polsek Tigabinanga Polres Tanah Karo Sosialisasikan Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan Kepada Masyarakat

Karo – Polres Tanah Karo melalui Polsek Tigabinanga melaksanakan pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kepada masyarakat Desa Binaan, di Dusun Perlamben Desa Pergendangen Kec. Tigabinanga Kab. Karo, Sabtu(18/05/2024).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas Bripka Y. Sihite dan Briptu Evan Raja Guk Guk, dengan melaksanakan patroli dialogis menemui masyarakat Desa binaan.

Kapolres Tanah Karo AKBP Wahyudi, Rahman, S.H, S.I.K, M.M, melalui Kapolsek Tigabinanga AKP Idem Sitepu, S.H, M.H, menjelaskan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) merupakan masalah serius yang dapat menyebabkan kerusakan lingkungan, gangguan kesehatan dan juga kerugian ekonomi yang besar.

“Untuk itu sosialisasi pencegahan, gencar kita lakukan kepada warga masyarakat agar tidak sembarangan membakar lahan”, pungkas Kapolsek.

Dalam sosialisasi tersebut, Bhabinkamtibmas juga melaksankan patroli Karhutla, dengan berkeliling di wilayah Desa dan Kelurahan Binaan hingga Kecamatan untuk memantau dan mencari tanda tanda kebakaran yang potensial.

“Jadi kita juga mengantisipasi masyarakat petani untuk tidak membakar sisa sisa ampas pertanian yang akan menimbulkan asap dan menyebabkan polusi udara dan tentunya berpotensi membakar lahan di sekitarnya”, tambah Kapolsek.

Hal ini dilakukan agar masyarakat dapat memahami pentingnya menjaga dan melindungi lingkungan, serta memahami dampak buruk dari tindakan pembakaran yang tidak terkendali.

Bhabinkamtibmas juga menyampaikan terkait hukum apabila ada kegiatan pembakaran hutan/lahan dengan sengaja, “Kalau kedapatan dengan sengaja membakar, ada sanksi pidanya, akan ditindak tegas”, ucap Kapolsek.

#polrestanahkaro
#kapolrestanahkaro
#humaspolrestanahkaro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *