lll Polres Tanah Karo Gelar Operasional Bulan Oktober 2024, Kapolres Berikan Arahan Strategis – TRI BRATA NEWS TANAH KARO

Polres Tanah Karo Gelar Operasional Bulan Oktober 2024, Kapolres Berikan Arahan Strategis

Polres Tanah Karo Gelar Operasional Bulan Oktober 2024, Kapolres Berikan Arahan Strategis

Karo – Polres Tanah Karo melaksanakan Gelar Operasional (GO) untuk bulan Oktober 2024, dipimpin langsung oleh Kapolres Tanah Karo, AKBP Eko Yulianto, S.H, S.I.K, M.M, M. Tr. Opsla dan dihadiri Waka Kompol Zulham, S.H, M.H, M.M dan seluruh PJU serta Kapolsek jajaran.

Dalam kegiatan yang berlangsung di Aula Pur Pur Sage Polres Tanah Karo tersebut, Sabtu(05/09/2024), Kapolres memberikan sejumlah arahan penting terkait kesiapan operasional menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serta menghadapi situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah hukum Polres Tanah Karo.

Dalam pembukaannya, Kapolres AKBP Eko Yulianto menegaskan pentingnya evaluasi kinerja. “Melalui Gelar Operasional ini, kita evaluasi pelaksanaan tugas yang telah dilakukan dan yang akan kita laksanakan ke depan. Kesiapan seluruh personel sangat penting, terutama dalam menghadapi Pilkada dan momen-momen penting lainnya,” ujar Kapolres.

Terkait agenda pengamanan Pilkada dan penanganan harkamtibmas, Kapolres menyampaikan beberapa poin krusial, salah satunya adalah monitoring terhadap seluruh kegiatan terkait Pilkada, mulai dari tahapan kampanye hingga potensi konvoi yang bisa mengganggu ketertiban umum.

“Pengamanan Pilkada harus menjadi perhatian utama. Setiap kegiatan terkait Pilkada harus terus dimonitor dan dilaporkan. Kita juga harus mengantisipasi adanya konvoi kampanye yang berpotensi mengganggu keamanan dan ketertiban,” tegas Kapolres.

Selain itu, Kapolres juga mengingatkan jajaran untuk terus memberikan atensi terhadap gangguan kamtibmas, khususnya geng motor dan balap liar yang sering kali meresahkan masyarakat. “Perhatian pimpinan terhadap harkamtibmas harus kita jalankan dengan serius, termasuk dalam penanganan geng motor dan balap liar,” tambahnya.

Dalam menghadapi musim hujan, AKBP Eko Yulianto menginstruksikan agar seluruh personel berkoordinasi dengan pemerintah daerah (Pemda) setempat untuk mengantisipasi bencana alam. “Potensi gangguan bencana alam seperti longsor dan banjir harus kita waspadai. Kita harus menjalin sinergi dengan Pemda untuk melakukan langkah pencegahan dan penanganan cepat jika terjadi bencana,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kabag Ops Kompol Eddy Sudrajat, S.H, memaparkan tren gangguan kamtibmas selama Agustus dan September 2024. Ia menyebutkan adanya penurunan kasus gangguan kamtibmas sebesar 14 persen. “Ini adalah capaian yang patut diapresiasi, namun kita harus tetap meningkatkan patroli guna terus menekan potensi gangguan kamtibmas,” ujar Kabag Ops.

Selain itu, Kabag Ops juga menyampaikan perkembangan kamseltibcarlantas, giat preemtif preventif, serta implementasi cooling system dalam menjaga situasi Pilkada tetap kondusif. Ia merekomendasikan pemetaan situasi kamtibmas secara berkala untuk mendukung upaya preventif di wilayah Polres Tanah Karo.

Kasat Intelkam Polres Tanah Karo juga memaparkan perkembangan terbaru terkait situasi Pilkada. Informasi ini menjadi masukan penting bagi jajaran Polres dalam menyusun strategi pengamanan ke depan. Sementara itu, Kapolsek Tigapanah melaporkan tren gangguan kamtibmas di wilayahnya, termasuk langkah langkah pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang menjadi atensi utama di wilayah tersebut.

Kapolsek Mardingding turut memberikan paparan mengenai potensi konflik yang bisa muncul di wilayahnya. Menurutnya, penting untuk selalu mewaspadai setiap potensi gangguan keamanan yang bisa memicu kerusuhan.

Sesi diskusi dan tanya jawab berlangsung interaktif, dengan sejumlah personel memberikan masukan dan bertanya seputar teknis pelaksanaan tugas. Kapolres dalam penutupan arahannya menekankan pentingnya koordinasi dengan instansi terkait untuk menangani potensi konflik, termasuk ajakan untuk turun langsung ke lapangan memantau situasi.

“Untuk setiap potensi konflik, kita harus terus jalin koordinasi dengan instansi terkait, dan jangan ragu untuk cek langsung ke lapangan,” tegas Kapolres.

Ia juga menekankan pentingnya persiapan matang untuk agenda agenda kamtibmas ke depan, termasuk pengamanan Pilkada, Natal, dan Tahun Baru.

Di akhir arahannya, AKBP Eko Yulianto menyampaikan apresiasinya atas kinerja yang telah dilakukan oleh seluruh jajaran Polres Tanah Karo selama ini. “Saya ucapkan terima kasih atas pelaksanaan tugas yang sudah berjalan dengan baik. Pertahankan kinerja ini, dan terus tingkatkan demi keamanan dan ketertiban di wilayah kita,” tutupnya.

#polrestanahkaro
#kapolrestanahkaro
#humaspolrestanahkaro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *