Sosialisasikan Pencegahan Karhutla, Bhabinkamtibmas Polres Tanah Karo, Bentangkan Spanduk Imbauan

Karo – Bhabinkamtibmas Polsek Tigabinanga, Polres Tanah Karo, Brigadir Samy Tarigan, dalam giat rutinitasnya menyambangi Desa Binaan, juga melaksanakan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kepada masyarakat, di Desa Kutabangun Kec. Tigabinanga Kab. Karo, Selasa(03/10/2023).

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) merupakan masalah serius yang dapat menyebabkan kerusakan lingkungan, gangguan kesehatan dan juga kerugian ekonomi yang besar.

 

Untuk itu sosialisasi pencegahan, gencar dilakukan kepada warga masyarakat agar tidak sembarangan membakar lahan. pungkas Kapolsek.

 

Hal tersebut dikatakan Kapolres Tanah Karo AKBP Wahyudi, Rahman, S.H, S.I.K, M.M, CPHR, CBA, melalui Kapolsek Tigabinanga AKP Idem Sitepu, S.H, M.H.

 

Dalam sosialisasi tersebut, Bhabinkamtibmas juga melaksanakan patroli Karhutla, dengan berkeliling di wilayah Desa Binaan hingga Kecamatan untuk memantau dan mencari tanda tanda kebakaran yang potensial sekaligus membentangkan spanduk imbauan.

 

“Kita juga mengantisipasi masyarakat petani untuk tidak membakar sisa sisa ampas pertanian yang akan menimbulkan asap dan menyebabkan polusi udara dan tentunya berpotensi membakar lahan di sekitarnya”, pungkas Kapolsek.

 

Pihaknya juga menyampaikan terkait hukum apabila ada kegiatan pembakaran hutan/lahan dengan sengaja, “Kalau kedapatan dengan sengaja membakar, ada sanksi pidanya, akan ditindak tegas”, tegas Kapolsek.

 

Hal ini dilakukan agar masyarakat dapat memahami pentingnya menjaga dan melindungi lingkungan, serta memahami dampak buruk dari tindakan pembakaran yang tidak terkendali.

 

#polrestanahkaro

#kapolrestanahkaro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *